Inspirasi Miliarder Yang Rendah Hati Dan Tidak Suka Popularitas

Banyak orang mungkin sudah akrab dengan produk dari teknologi yang dihasilkan Chet Pipkin.Namun,tak banyak orang yang mengenalnya.Dia adalah innovator yang memiliki Belkin yang memproduksi aksesori gadget seperti charger,keyboard hingga tutup ponsel.

Pipkin dikenal miliarder yang rendah hati dan tidak suka popularitas.Dia juga tak suka mengumbar cerita kesuksesan ataupun prestasi ketika membeli suatu perusahaan.Meskipun memiliki bisnis teknologi berkaitan dengan komputer dan internet,Pipkin tidak membangun kantor di Silicon Valley.Bahkan,dia juga menjauhi penawaran umum perdana (IPO) saham perusahaannya.

Walaupun bisnis Pipkin hanya memproduksi alat pendukung ponsel dan komputer,bisnis yang dikelola Pipkin tak bisa dipandang sebelah mata.Belkin mampu mendapatkan rekor penjualan setiap tahun senilai USD1,5 miliar (Sekitar Rp.20triliun).Belkin berkembang pesat sejak 2013 sejak Popkin mengakuisisi Cisco,kelompok jaringan bisnis rumah yang juga memiliki Linksys.



Dia mengaku khawatir jika Belkin dipaksa go public.Dia tak menginginkannya "Bisnis kita selalu untuk jangka panjang.Kita tidak pernah mencoba menciptakan sesuatu yang bernilai jangka pendek"kata Pipkin dikutip Forbes.Dia selalu mengaitkan keuntungan dipasar sebagai keuntungan jangka pendek.

Siapa Pipkin?Dia putra seorang ahli mesin yang tumbuh besar dikawasan kelas pekerja di California.Sejak anak-anak,dia sudah mulai bekerja mulai mencuci piring dikantin sekolah hingga menjual lilin.Dia juga sering menciptakan permainan jalanan anak-anak dan mendapatkan penghasilan yang cukup.

Sama seperti kebanyak miliarder AS ,Pipkin juga berhenti dari kuliahnya kurang dari setahun setelah revolusi komputer personal.Dia tak pernah belajar teknik mesin,tetapi dia tak  pernah berhenti inovasi."Saya selalu berpikir untuk menciptakan dan membangun sesuatu"ungkap Pipkin.Saya sering merombak sesuatu dan menyatukannya kembali,"imbuhnya.

Pipkin pernah membuat meja ruang makan ayahnya dan dijual ditoko.Pada 1983,dia berhasil meraih USD178.000 dari penjualan meja tersebut.Dia memulai bisnis dari garasi mobil.Pada 1985,dia mulai memproduksi banyak aksesori komputer.Sebuah rumah toko di Compton,LA,pun disewanya untuk memajang berbagai produk aksesori .

Berawal dari rumah toko,kini Pipkin memiliki perusahaan besar yang berbasis di silicon beach.Bisnisnya berkembang dan fokus pada segala sesuatu yang berkaitan denga internet.Kini dia memiliki ribuan karyawan di 21 negara.Dia juga dikenal pengusaha yang tertutup ."Jika Anda memiliki komputer di AS,80% mungkin adalah produk Belkin.Jika Anda memiliki ponsel pintar atau tablet,90% aksesori pendukungnya berasal dari Belkin,"demikian tulis Forbes.

Kini dia juga berinvestasi dengan membuat aplikasi WeMo,Peranti kontrol cerdas pembuat kopi.kini Pipkin memiliki 26 produk di 150 negara.Sudah terdapat satu juta rumah yang menggunakan produk Pipkin."Kita terus berinovasi dan menemukan sesuatu untuk terus dikembangkan,'paparnya.

Disebabkan inovasi dan ketertutupannya,banyak pengusaha yang menghormatinya."Sebagai pengusaha baru,saya sangat menghormati Pipkin,'kata CEO PrivCo Sam Hamadeh.

baca juga : Keputusasaan di alam bawah sadar