Shiv Nadar,Dulu Penjual Kalkulator,Kini Orang Terkaya di India

Kekayaan Shiv Nadar diperkirakan lebih dari USD14,8miliar atau sekitar Rp.140triliun.Nadar lahir pada 14 Juli 1945 di Moolaipozhi Village yang berjarak 10km dari kota besar.Dia berasal dari keluarga kecil yang sederhana.

Ketika dia lahir India sedang dijajah oleh Inggris.Mahatma Gandhi sedang berjuang mati-matian untuk membebaskan penjajah dari tanah India.Akhirnya pada tahun 1947,India benar-benar terbebas dari penjajahan Inggris.Pada tahun tersebut ,Shiv Nadar masih berusia 2 tahun .Keamanan dan ekonomi warga India tidak sebaik sekarang.Keluarga Nadar pada saat itu tinggal dikawasan kecil dan miskin,Tamil Nandu.

Masa kecil Nadar juga biasa-biasa saja.Bahkan karena ekonomi yang sulit ,Nadar harus menyelesaikan sekolahnya setengah-setengah.Setelah selesai tamat SD,dia harus menunggu 2 tahun untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.Begitu seterusnya sampai Nadar tamat kuliah.Nadar akhirnya bisa kuliah di PSG College of Technology ,Coimbatore.Etos kerja Nadar mulai muncul pada saat kuliah.Dia ingin membuat dirinya dan keluarganya mempunyai ekonomi yang lebih baik.

Pada tahun 1967,Nadar bekerja di Walchand Group,perusahaan investasi.Di sana dia dididik untuk menjadi pebisnis yang sukses.Di Walchand Group ,dia berkenalan dengan beberapa temannya yang kemudian menjadi partner di HCS Technologies.



Perusahaan Nadar pertama muncul pada tahun 1976 .Bekerja sama dengan Microcomp,Nadar bersama teman-temannya menjual kalkulator digital di India. Benar sekali,Nadar bersama teman-temannya membuat kalkulator sendiri lalu menjualnya.Investasi Nadar waktu itu sangat sedikit hanya 187.000 rupee .

Siapa sangka ,jalan bisnis Nadar ternyata terletak pada bidang teknologi .Dari menjual kalkulator digital ,dia kenal dengan beberapa pejabat IT di negara-negara maju seperti Singapura,Jepang,dan AS.Dari perkenalan singkat itulah ,dia mendapatkan kesempatan untuk menjual alat komputer di Singapura.

Pada tahun 1980,dia berhasil menjual banyak rakitan komputer ke Singapura.Ketika itu harga komputer pada tahun  tersebut sangat mahal,jadi perusahaannya HCL mendapatkan keuntungan sampai 1juta rupee dari menjual komputer saja.

Kemudian Nadar akhirnya bertekad untuk menjadikan HCL menjadi perusahaan IT.Seiring perkembangan ,HCL yang awalnya menjadi produsen alat IT,pada tahun 90-an dia membuat terobosan bidang baru yaitu IT services.Nilai perusahaan dari HCL pun tidak karu-karuan jumlahnya dan menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di India.

Berkat perusahaannya tersebut dia dianugerahi Padma Bhushan,yang merupakan penghargaan tertinggi bagi warga negara.Peghargaan ini diterimanya pada tahun 2008 atas jasanya terhadap industri IT di India.

Nadar juga dikenal sebagai E&Y entrepreneur of the year 2007 dan masih banyak penghargaan lainnya.

Sangat Peduli Terhadap Pendidikan
Pada tahun 1996 ketika HCL dan Nadar sedang berada di puncak kejayaan ,dia membuat sebuah Universitas bernama SSN College Engineering .Nama ini berasal dari nama sang almarhum ayahnya.Nadar menyumbang sebesar USD1miliar kepada sekolah ini.Pada 2006 ,dia mendedikasikan sekolah ini untuk membantu mahasiswa yang mencari research untuk keluar negeri.Nadar juga bergabung dalam member eksekutif dari Indian School of Business sejak 2005.

Pada Maret 2008 ,sekolah miliknya memberikan beasiswa kepada 200 siswa yang berasal dari kampung halamannya .Dia juga sempat berkunjung ke almameternya dan mendonasikan komputer dan berbagai peralatan lainnya.Tak hanya itu,dia juga berhasil membuat SSN menjadi salah satu kampus terbesar di India.Sekarang ,Nadar memang tidak hanya dikenal sebagai orang terkaya di India tetapi juga sebagai orang yang sangat menginspirasi dan peduli terhadap pendidikan.

baca juga : kisah inspirasi berbakti kepada orang tua












Woww ...Aksi Akrobat yang memukau penonton