Reid Hoffman, Gagal di SocialNet,Sukses Dirikan Linkedin

Linkedin adalah salah satu bisnis internet yang lahir dari ide sederhana.Yakni menghubungkan orang sesuai dengan latar belakang profesinya.Kini LinkedIn menjelma menjadi salah satu perusahaan berbasis internet.


Salah satu pendiri LinkedIn adalah Reid Garret Hoffman.Dialah yang berada dibalik munculnya ide pembuatan situs jejaring sosial yang fokus pada para profesional tersebut.

Reid Garret Hoffman atau yang biasa dikenal dengan nama Reid Hoffman adalah salah satu orang penting dalam LinkedIn .Dia lahir pada 5 agustus 1967 di Stanford,California dan merupakan entrepreneur ,investor ventura dan seorang penulis.

Hoffman adalah anak dari Deanna Ruth Rutter dan William Parker Hoffman Jr. Dia tumbuh di Berkeley,California.Sekolah di The Purtey School dan lulus sekolah dari Stanford University pada tahun 1990.Setelah itu dia melanjutkan studinya di Oxford University pada tahun 1993.

Pada tahun 1994 Hoffman bergabung dengan Apple Computer .Dia juga pernah bekerja di Fujitsu.Dari dua perusahaan itu dia mengaku mempelajari tiga hal penting.Merencanakan sebuah produk,membangun,lalu meraih konsumen.

Matang untuk urusan tiga hal itu,Hoffman lalu mendirikan perusahaan sendiri.Bersama sejumlah karyawannya,tahun 1997,mendirikan jejaring sosial kencan pertama Socialnet.com,sayang usaha ini kurang berhasil.

Hidup tak menentu ,Hoffman bertahan 2 tahun disitu.Akhirnya pada tahun 2000,dia meninggalkan SocialNet.com dan bergabung dengan PayPal sebagai Chief Operating Officer (COO) di perusahaan tersebut.Di sini Hoffman bertanggung jawab atas sejumlah hal.Mengurusi hubungan eksternal,infrastruktur pembayaran,pengembangan bisnis,urusan hukum dan pemerintahan.



Karirnya terus menanjak .Sebagai Executive Vice President ,Hoffman adalah juru kunci proses akuisisi PayPal oleh eBay pada 2002.Atas peran besarnya itu,dia mengantungi USD10 Juta.Uang itulah yang kemudian di investasikan lagi dalam bisnis online.

Pada Desember 2002,Reid Hoffman menjadi co-founder LinkedIn.Pada saat itu dia bekerja sama dengan rekannya saat bekerja di SocialNet dan rekan satu kampus dan kolega saat dia berada di Fujitsu.

Pada 5 mei 2003 akhirnya LinkedIn resmi diluncurkan di ruang tengah rumah Hoffman.Dia mengajak ratusan temannya untuk bergabung disitus tersebut.Pada akhir bulan pertama situsnya diluncurkan,sudah ada 4.500 pengguna yang mengunakan jasa situsnya.

Pada tahun 2005,2 tahun setelah situs ini didirikan,situs ini memperkenalkan daftar pekerjaan dan langganan bertingkat untuk menghasilkan pendapatan.Kini ,LinkedIn telah menghasilkan USD300 juta dalam pendapatan dari setiap kantornya.

Pada saat itu Peter Thiel dan Keith Rabois yang merupakan kolega Reid Hoffman saat berada di PayPal juga ikut berinvestasi di LinkedIn. Perkembangan LinkedIn sejak saat itu begitu cepat.Bahkan pada November 2012 LinkedIn telah memiliki lebih dari 187juta user yang tersebar dilebih dari 200 negara.Terakhir LinkedIn berani membayar mahal Pulse agar terjalin kerjasama diantara keduanya.

Secara umum situs jejaring sosial ini memang tidak berbeda jauh dengan situs jejaring sosial lainnya.Di sini pengguna dapat membuat profilnya sendiri dan membangun relasi dengan profesional lainnya.Hanya saja penggunaan situs jejaring sosial ini memang hanya fokus pada para profesional saja.Karena itu situs ini bersifat lebih serius dan benar-benar tampak profesional.Di sini informasi yang ada juga lebih spesifik dan valid.

Sepuluh tahun kemudian,jejaring sosial untuk para profesional ini telah memiliki 200juta penggemar,3.700 karyawan dan 26 kantor diseluruh dunia. Melihat perjalanan situs ini ,dari awal banyak yang memprediksi  bahwa situs ini akan sukses besar.

Tapi untuk mencapai perkiraan tersebut ,situs ini memakan waktu yang tidak sebentar untuk mulai digunakan banyak orang.Bahkan situs ini pernah hanya terdapat kurang dari 20 orang yang mendaftar untuk menggunakan layanan yang ada disitus ini.

Mentor Bisnis Mark Zuckerberg
Reid Hoffman sesungguhnya bukan nama baru dalam dunia internet.Walau tak setenar para selebriti entrepreneur internet seperti LarryPage,SergeyBrin,Jerry Yang,Mark Zuckerberg,Biz Stone,atau Jack Dorsey,Hoffman sudah lama bergelut di internet dunia maya itu.

Pria berusia 48 tahun ini dijuluki sebagai "orang bijak Silicon Valley".Modalnya tersebar di 80 perusahaan teknologi seperti facebook,Groupon,Flickr,LastFM,dan Zynga.
Adalah Hoffman yang menjembatani pertemuan antara Mark Zuckerberg dengan Peter Thiel,orang yang kemudian menjadi investor luar pertama pada Facebook.

Dan dia bukan sekedar investor.Jebolan Universitas Stanford dan Oxford itu menjadi guru bagi sejumlah pebisnis muda.Hoffman,misalnya,menjadi inspirasi dan mentor bisnis Mark Zuckerberg,sang pendiri Facebook itu.Sejumlah pebisnis Silicon Valley menyebutnya sebagai visioner sejati,bertangan dingin.

baca juga : Kate Middleton ,Gadis biasa dengan selera fashion yang luar biasa