Inspirasi Adora Svitak,Anak Kecil dengan Otak Dewasa

Pada saat umur 12 tahun,Adora telah menerbitkan dua buku dan menyajikan tulisan-tulisan dalam bentuk berbagai seminar.Dia telah tampil sebagai pembicara dilebih dari 400 sekolah.Bahkan muncul dalam acara tahunan Technology,Entertainment dan Design (TED) yang sangat bergengsi.

Tak hanya itu,Adora bahkan tampil di Good Morning America dan berbagai acara disalah satu stasiun televisi dunia ,CNN.

Bocah ajaib itu bernama Adora Lily Svitak yang lahir pada 15 oktober 1997.Dia dianggap sebagai anak terpintar didunia.Betapa tidak,pada umur 7tahun,dia sudah mulai mengajar sebagai guru.

Buku pertamanya yang diterbitkan secara internasional adalah Flying Fingers,berisi tentang cerita-cerita pendek karya Adora yang juga berisi tips dan panduan bagi mereka yang ingin menjadi penulis.

Buku keduanya adalah Dancing Fingers sebuah koleksi puisi yang ditulis bersama kakaknya yang diterbitkan tahun 2008 lalu.

Pada usia 3 tahun,Adora sudah bisa membaca.Tak hanya itu,kecepatan tangan Adora dalam mengetik antara 80-112 kata tiap menitnya.Dia juga mampu membaca 2-3buku dalam sehari.

Jika anak-anak lain seumurnya gemar menonton film kartun,Adora justru senang menonton siaran berita di televisi yakni siaran ABC,NBC,dan CBS serta program-program khusus pada akhir pekan.



Pada tahun 2005 ,Adora yang berusia 7 tahun mulai menulis sebuah blog dan jurnal online.Dia membahas berbagai permasalahan mengenai isu internasional.Bahkan sejak November tahun itu,dia telah mempromosikan membaca dan menulis kepada masyarakat umum.

Bahkan keluarganya telah mengubah ruang bawah tanah rumah mereka di Redmond,Washington DC menjadi sebuah Studio TV.Dari sana,Adora memberikan konferensi Video setiap hari bagi anak-anak,orang dewasa dan para guru.Dia mendapatkan bayaran USD300 per pelajaran yang berlangsung 50 menit."Membaca dan menulis adalah hidup saya,"kata Adora.

Melihat caranya mengajar banyak orang lupa bahwa dia baru berumur 12 tahun.Saat mengajar Adora kerap memuji murid-muridnya,berapapun usia mereka.

"Sewaktu saya anak-anak,Saya memerlukan dorongan" ujar Andora menjelaskan alasannya memberikan pujian.Dia menganggap dirinya sebagai pendidik dan penulis.Namun kebanyakan orang menyebutnya "Anak kecil dengan otak Dewasa"

Jangan ditanya kesibukan anak ini,Jadwalnya sangat padat,penuh dengan presentasi dan jadwal mengajar.Kadang dia baru bisa beristirahat setelah jam 11 malam.

Adora telah berpergian ke berbagai belahan dunia,dengan biaya perjalanan ditanggung pihak pengundang.Dia telah berkunjung lebih dari 300 sekolah di China,Hongkong,Vietnam,Inggris dan negara lainnya.Bahkan di Inggris dia mendapatkan julukan "Dora The Explorer"karena caranya berbagi pengalaman membaca dan menulis pada anak-anak.

Pada Januari 2009,dia tampil di sebuah film dokumenter di Chanel4,"The World's Cleverest Child and Me",yang dibawakan oleh Mark Dolan,Di Februari 2010,Adora berpidato di konferensi TED.Adora juga dibayar oleh Microsoft untuk melakukan demonstrasi tentang komputerisasi pendidikan.

Waktu Jangan Di habiskan Untuk Khawatir
Adora memang masih anak-anak,namun cara berpikirnya jelas bukan cara pikir anak-anak.Simak saja jawabannya ketika ditanyai apakah ada yang di khawatirkan Adora?
"Perekonomian dunia,saya kira," jawabnya."Juga pemanasan global,kolera di Zimbabwe,penurunan kualitas pendidikan AS dan kelaparan dunia,"kata Adora.
"Namun umumnya ,saya berusaha tidak khawatir karena waktu yang dihabiskan untuk khawatir itu bisa digunakan dengan lebih konstruktif,"ujar dia bijak.

baca juga : Kekuatan Cinta IBU