Lahir Lumpuh Otak ,Namun Sukses Jadi Top Seller

Bill Porter adalah seorang salesman Amerika Serikat untuk perusahaan Watkins.Lahir dengan Cerebral Palsy (CP) atau lumpuh otak.

Porter menjadi terkenal pada tahun 1995,ketika sebuah surat kabar Oregon menulis serangkaian fitur cerita tentang dia.
CP adalah suatu kondisi terganggunya fungsi otak dan jaringan saraf yang mengendalikan gerakan,laju belajar,pendengaran ,penglihatan,kemampuan berpikir.Banyak orang beranggapan bahwa CP disebabkan karena bayi lahir prematur sehingga bagian otak belum berkembang dengan sempurna.Atau bayi lahir tidak langsung menangis sehingga otak kekurangan oksigen saat dalam kandungan.Bisa juga karena adanya cacat tulang belakang dan pendarahan di otak.

Bill lahir 9 september 1932 di San Fransisco,California.Kemudian dia pindah ke Portland,Oregon,dengan ibunya di usia muda.Sebagai seorang anak,dia selalu terbelakang secara fisik dibandingkan dengan teman-teman sebayanya.Sejak lahir tangan kanannya hampir tak berfungsi dan komunikasi lisan selalu sulit.

Para dokter menyarankan kepada orangtuanya untuk memasukkan Bill kedalam rumah sakit jiwa.Namun mereka menolaknya.Kemudian ,kedua orang tuanya melakukan penyesuain besar-besaran pada gaya hidup mereka,sang ibu berusaha mengajarkan Bill tetap mandiri meski serba kekurangan .Hingga akhirnya Bll dapat menyelesaikan sekolah menengahnya dan mendapatkan ijazah.

Setelah lulus ,Bill mencari kerja dengan bantuan Oregon Department of Employment .Bill pun mendapat pekerjaan sebagai pegawai tata usaha saham dan dipecat hanya setelah satu hari bekerja.Dia kemudian bekerja sebagai kasir untuk Goodwill dan inipun hanya berlangsung untuk tiga hari.


Bill juga pernah mendapat pekerjaan di Salvation Army,mengurusi dokumen pemuatan barang dan di Veteran Administration bekerja sebagai operator telepon.Setelah lebih banyak pemecatan lagi ,Departemen Tenaga Kerja menganggapnya "tak dapat dipekerjakan"

Namun tidak mau menyerah ,Bill tidak ingin menjalani hidup dengan menerima tunjangan orang tak mampu dari pemerintah.Ketika dia mendapat kesempatan menjual barang-barang rumah tangga untuk mengumpulkan dana bagi United Cerebral Palsy dia menyukainya.

Bill memutuskan untuk menjadikan bidang penjualan sebagai kariernya .Meski begitu,dia mengalami kesulitan menemukan sebuah perusahaan yang memberinya kesempatan mencoba karier itu.Bill akhirnya menyakinkan Watkins Incorporated untuk memberinya pekerjaa salesman door to door.

Pada akhirnya dia memengaruhi direktur Watkins Incorporated untuk memberinya peluang.Dengan enggan mereka menawarinya sebuah wilayah yang tak akan diterima oleh satu penjualpun.Yaitu,rute 7 mil di daerah Portland.

Bill memulai pekerjaan tersebut pada tahun 50-an .Selama puluhan tahun,dia bangun pagi pada pukul 05.45 ,menghabiskan waktu 2 jam untuk bekerja keras mempersiapkan diri dan berpakaian .Setelah itu dia mencegat bus dikota menuju wilayahnya dan dengan tertatih-tatih ,dia berjalan sepanjang 7 hingga 10mil setiap harinya.

Bill berjalan dari pintu ke pintu menjual aneka produk,seperti vanila,rempah-rempah dan deterjen.Tidak jarang dia mendapat penolakan dari berbagai kalangan.Meski begitu dia akhirnya menyabet predikat Top seller diperusahaanya selama bertahun-tahun.

Hanya ada 2 kata yang selalu dipegang Bill Porter,kesabaran dan tekad. Dia berjuang dengn keras sekaligus merawat ibunya yang menderita Alzheimer,penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan daya ingat.

Sayangnya ,san ibu ,mentor sekaligus motivator Bill tidak bisa melihat kesuksesannya saat dinobatkan sebagai Salesman of the year Watkins company,karena sang ibu telah meninggal dunia.

Kisah Porter akhirnya dimuat di koran The Oregonian pada tahun 1995.Sejak itu kisah seorang pria yang seba kekurangan namun bisa menjadi Top seller menjadi topik perhatian media diseluruh Amerika Serikat.Bill Porter meninggal akibat infeksi pada 3 Desember 2013 di Gresham,Oregon pada usia 81 tahun.

Tak hanya ditampilkan di koran ,kisah Bill Porter juga di tampilkan dalam Readers Digest dan pada 20 ABC.Bahkan pada tahun 2002 kisah hidupnya diangkat kedalam sebuah Film "Door to Door".

Film ini dibintangi oleh William H Macy.Film Door to Door menceritakan kisah perjuangan Bill dalam pekerjaannya sebagai salesman.Film ini juga mendapatkan penghargaan Golden Globes Award pada 2003 dalam kategori Best Performance Actress dan Actor.Tak hanya itu film ini juga mendapatkan penghargaan Primetime Emmy Awards.