Inspirasi Wong Man Li Buruh Pabrik Yang Sukses Menjadi Miliarder

Inspirasi dan Motivasi Dunia, Wong Man Li ,Miliarder asal Hongkong saat ini memiliki 1000 waralaba bisnis furnitur yang tersebar di seluruh dunia.Bahkan hingga 2015 rencananya akan bertambah 500 waralaba lagi.

Kekayaannya ditaksir Forbes mencapai USD1 Miliar per oktober 2014 dan menjadi orang terkaya no 41 di Hongkong. Kombinasi dari inovasi,kerjakeras,motivasi dan jeli melihat peluang merupakan faktor sukses Man Li dan menjadi inspirasi banyak orang.


Tak ada yang menyangka dulunya Man Li hanya seorang buruh pabrik biasa dengan upah USD4 perhari,Pada usia muda,ia pindah ke Hongkong dari Fujian,China.Agar bisa bertahan hidup di Hongkong,Man Li bekerja sebagai buruh pabrik .Ketekunannya berbuah manis setelah 4 tahun bekerja keras sebagai buruh ,Man Li naik jabatan menjadi Manajer.Pada 1985,Man Li hengkang ke perusahaan lain dan menduduki posisi strategis di perusahaan baru tersebut dan mampu membeli apartermen mewah dari hasil jerih payahnya.

Tapi,Jabatan bagus dan penghasilan tinggi tidak cukup memuaskan Man Li.Hingga pada tahun 1992 Man Li menjual apartermennya .Dengan Modal nekat dia mendirikan pabrik furnitur .Berkat Kerja kerasnya hanya dalam 3 tahun Furnitur Man Li menjadi terkenal di Hongkong.Kini Man Li mempunyai pabrik besar di Hongkong dan telah mengekspor produknya ke seluruh Asia.

Awalnya Man Li membidik pasar Hongkong ,seiring berjalan waktu.Man Li mulai ekspansi ke pasar AS,Kanada,Inggris,China dan Singapura.Puncak kesuksesannya dimulai pada tahun 1992 yang menempatkan produknya menjadi penguasa pasar mebel di AS,dan Man Li memboyong Perusahaannya melantai di bursa saham pada 2010 lalu.



Pasca IPO Kekayaan Man Li melesat,sahamnya yang di Hongkong terus menanjak tiga kali lipat hingga membuat kekayaanya melonjak menjadi USD1,06 miliar.

Inspirasi Dari Wong Man Li,
Sebagai mantan buruh,Man Li sangat menghargai semua karyawannya.Dia membuat suatu organisasi untuk memberdayakan buruhnya.Setiap karyawannya diberi asrama gratis dan setiap keluarga karyawannya diberikan pekerjaan.

Man Li sangat terinspirasi dengan para buruh.Terlebih ketika dia bekerja sebagai buruh,dia merasakan betul bagaimana susahnya bekerja,menabung dan susahnya mencari tempat tinggal.
Dengan Organisasi Karyawan tersebut,Man Li ingin membuat kesejahteraan bagi setiap karyawan yang bekerja diperusahaannya.Bahwa,bekerja sebagai buruh juga bisa sejahtera.

Sekarang Karyawan Man Li berjumlah 8000 orang,dan semuanya harus sejahtera dan tidak ada perbedaan.Bahkan,tidak jarang Man Li turun langsung kepabriknya dan berbincang-bincang dengan para karyawannya.

Pesan dan Motivasi :
Apapun Status Anda saat ini tidak menentukan Siapa Anda di masa depan,Tindakan yang Anda lakukan hari ini akan menentukan Siapa Anda di masa depan, Seperti Man Li yang dulunya hanya buruh biasa namun cara berpikirnya tidak seperti buruh,tapi punya visi jauh kedepan untuk mempunyai pabrik sendiri yang akhirnya diwujudkannya secara nyata dengan kerjakeras dan keyakinan yang tinggi.

Semoga bisa menginspirasi Kita semua...