Inspirasi Dunia,Milton Hershey Cermat Ambil Peluang ,Sukses Berkelanjutan

Inspirasi Dunia,Hershey's Kiss adalah salah satu produk cokelat asal Amerika Serikat yang ternama di duna.Cokelat ini diproduksi Hershey Company yang telah berganti nama menjadi Hershey Foods Coorporation pada 2005.

Nama perusahaan ini diambil dari nama pendirinya,Milton Snavely Hershey.Sebelum menghasilkan perusahaan raksasa di Amerika Utara,Hershey sempat mengalami kebangkrutan berkali-kali.Namun kerja keras akhirnya mengantarkan kesuksesan pada pria yang sejak kecil terus menjalani kehidupan yang sulit.

Hershey lahir pada 13 september 1857 dirumah warisan kakek dan neneknya di Derry Church,Pennsylvania. Saat Hershey berusia 9 tahun keluarganya pindah ke Nine Points diwilayah Lancaster agar lebih dekat dengan keluarga Ibunya.Orang tua Hershey memutuskan untuk mulai berbisnis tambak ikan forel,namun lagi-lagi bisnis tersebut gagal.

Pada 1987,karena tidak tahan dengan kegagalan Ayahnya,Ibu Hershey menuntut untuk bercerai.karena keadaan keluarga yang tidak stabil Hershey sudah 7 kali pindah sekolah.Dia pun tak menyelesaikan pendidikannya,hanya sampai kelas 4 SD.

Sejak kecil,Sang Ibu yang tegas sealu menanamkan pentingnya bekerja keras pada Hershey.Saat berusia 14 tahun dia mulai magang di sebuah perusahaan penerbit buku,bekerja sebagai pencetak kertas di Pennsylvania.



Meski tak senang dengan pekerjaannya namun Hershey mempelajari banyak hal tentang pekerjaannya tersebut.Semua dilakukan memenuhi kebutuhan keluarganya.Namun takdir berkata lain,Hershey memang tak berbakat jadi pencetak kertas.Dia dipecat karena melakukan suatu kesalahan di perusahaan tersebut.Hersheypun kembali kerumah ibunya di Nine Point.

Pada 1857,Setelah gagal magang di tempat percetakan,Hershey mencoba bekerja di toko kue di Lancaster.Di sana Hershey merasa mulai menemukan mimpi dan masa depannya.Dia sangat senang dengan pekerjaanya di toko kue tersebut dan dia pun belajar banyak hal.Empat tahun kemudian ,kesenangan dan keterampilan Hershey membuat permen memberi dia inspirasi untuk membuka bisnis sendiri.

Dengan meminjam modal USD150 dari bibinya,Mattie,Pemuda yang baru berusia 19tahun itu membuka toko permen sendiri dijantung kota Philadelphia.Sang Ibu dan bibinya menjadi pendukung utama yang memotivasi dia menjalankan bisnis yang dirintisnya tersebut.

Pada 1880,sahabatnya William Lebkicher bergabung dengan bisnis kecilnya dan selalu menemaninya.Meski telah menerima dukungan dari orang terdekatnya,Usaha pertama Hershey
membangun bisnisnya gagal total dan tokonya ditutup.

Hershey memutuskan pindah ketempat ayahnya di Denver,Colorado,dimana dia berharap bisa bekerja di tambang perak.Namun Hershey terlambat dan akhirnya menjadi pengangguran.Disana dia kembali bekerja diperusahaan permen dan kembali belajar membuat permen.

Hershey selalu tidak tahan bekerja pada orang lain.Dia kembali membuka bisnis permen di Chicago.Lalu dia juga berusaha bisnis serupa di New York City.Namun sayang,modal yang kecil dan persaingan yang ketat membuat bisnisnya kembali gagal.

Pada usia 29tahun setelah bangkrut untuk ketiga kalinya ,Hershey memutuskan untuk kembali ke Lancaster dimana keluarga ibunya berkumpul.Meski sudah bangkrut berkali-kali tapi keyakinan Hershey untuk membangun perusahaan permen yang sukses tidak pernah surut.

Kerja kerasnya membuahkan hasil,seorang importir permen asal inggris sangat menyukai permennya.Dia lalu memesan karamel dalam jumlah besar.Hershey sadar ini adalah peluang besar bagi bisnisnya.

Lancaster Caramel Company pun berdiri dan bisnisnya berkembang pesat.Dia bahkan mampu mengirim karamel keseluruh penjuru negaranya.

Hershey meninggal dunia pada 13 Oktober 1945,Sebelum meninggal dia membangun sebuah kota mandiri disekeliling pabrik bagi karyawannya,lengkap dengan perumahan yang nyaman,sistem angkutan dengan tarif terjangkau,sekolah berkualitas,serta tempat rekreasi dan kegiatan kebudayaan.

Hershey menikah dengan Catherine Sweeney .Namun meski memiliki hubungan pernikahan yang harmonis,Hershey tidak memiliki anak untuk melengkapi berbagai kesuksesan yang telah diraihnya.Menyadari hal itu ,istrinya memintanya untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak yatim piatu .Hershey juga mengganti rumah warisan peninggalan kakek neneknya sebagai rumah dan sekolah bagi anak-anak tersebut.

Inspirasi dan Motivasi yang bisa diambil :
Umur 19tahun Hershey sudah mulai bisnis toko permen dan mengalami kegagalan berkali-kali hingga umur 29tahun kerja kerasnya membuahkan hasil,Hershey membutuhkan 10tahun untuk berhasil,itu artinya tidak ada yang instan bagi yang mau sukses,kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci sukses Hershey,Mulailah berbisnis di usia sedini mungkin dan terus bekerja keras ,jika gagal jangan rubah impian anda,tapi rubahlah cara anda untuk mencapai impian anda.

Semoga bisa menginspirasi....

baca juga : Motivator termahal yang pernah tinggal di toilet